Pentingkah Belajar SEO untuk Marketing Bisnis Online?

Pentingkah belajar SEO buat kebutuhan marketing usaha online menurut anda? Penting atau nir, yg kentara teknik & taktik SEO (Search Engine Optimization) sudah sebagai bagian berdasarkan bisnis yang banyak dilakukan para pebisnis mini -menengah. Dengan menerapkan SEO, bisnis yang terbangun akan berjalan dengan lancar tanpa memaksimalkan modal iklan.

grafik seo

Menurut saya langsung, krusial sekali belajar SEO terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis online. Kenapa? Karena dengan terlebih dahulu menguasai SEO, pembuatan rencana marketing buat situs bisnis akan jauh lebih baik. Mulai menurut membuatan nama domain, pembuatan konten & backlink, akan dirancang menurut unsur SEO.

Artikel terkait: Cara Menambah Banyak Pengunjung Situs Bisnis

Sebagai perilaku sadar akan permodalan usaha yg cekak, tidak mempunyai banyak kapital, tentu jauh lebih baik membuat situs bisnis yang dari unsur-unsur SEO daripada menggunakan merek bisnis langsung. Dalam hal nama, jauh lebih baik menggunakan nama yang dicari banyak orang seperti “Jual Nasi Jamblang” daripada memakai “Warung Gue Cirebon” lantaran akan lebih bersahabat menggunakan para pencari. Dalam hal konten, jauh lebih baik memakai blog daripada hanya 1 lembaran goresan pena panjang. Intinya benar-sahih memperhatikan SEO dalam menjalankan marketing bisnisnya.

Jika terdapat yang mengungkapkan, “Lupakan SEO”, menurut aku itu perkataan yg gegabah jika ditunjukkan buat para pebisnis kecil. Bila pebisnis mini berdasarkan saja menggunakan perkataan tadi, tentu sebuah langkah yang konyol. Karena modal satu-satunya yang terbaik adalah dengan mengandalkan SEO agar Google memberikan trafik perdeo ke situs bisnsinya.

Pebisnis besar saja masih memperhatikan SEO walaupun bisa saja tidak maksimal misalnya membuatkan artikel review dengan menyewa penulis profesional buat menciptakan artikel baku SEO. Ada jua pebisnis yang membuat blog spesifik buat mempromosikan bisnisnya.

Bukan melupakan SEO namun pakailah teknik SEO sewajarnya karena memang masuk akal, sederhana. Bila misalnya itu, proses belajar SEO pun tentu saja nir perlu membutuhkan ketika lama & melelahkan. So, masih enggan menguasai SEO?

Yang membuat usang menguasai SEO adalah mengenai perkara backlink SEO. Apa itu backlink? Backlink merupakan penyebaran anchor teks ke banyak situs. Itu pun bukan bertema menguasai tetapi lebih pada berburu backlink. Berburu backlink memang sulit dan membutuhkan saat lama .

Untungnya, anda silahkan melupakan backlink SEO jika anda malas berburu. Asalkan:
  • Rutin menulis setiap hari menggunakan kualitas terbaik
  • Membangun backlink intern alias menciptakan link antar artikel
  • Berusaha mengakibatkan blog sebagai sumber surat keterangan untuk para blogger

Lalu bagaimana hal dasar pada belajar SEO supaya bisa menciptakan situs bisnis menggunakan sahih? Pembahasan ini tentunya telah dijelaskan para master SEO terutama master kursus SEO yang pernah saya ikuti sendiri yaitu Ricky Pratama (walau sekarang mas Ricky sudah nir membuka kursus SEO lagi lantaran kesibukannya). Titik tekannya lebih pada SEO blogging walau sanggup buat yang lain. Yuk belajar hal dasar tentang SEO pada bawah.

Belajar Perencanaan SEO Blog

SEO erat kaitannya menggunakan perencanaan-perencanaan. Artinya SEO hadir sebelum hal yang diinginkan terwujud. Anda wajib sanggup menciptakan perencanan SEO yang berkaitan dengan situs terkait, entah blog, web penjualan (sales laman, toko online), & yg lainnya. Bila tidak sanggup membuat perencanaan SEO buat situs bisnis, maka tidak mampu jua memaksimalkannya.

Setidaknya anda harus memikirkan tentang:
  1. Tema blog
  2. Pemilihan kata kunci blog
  3. Pemilihan nama blog
  4. Pemilihan nama domain blog

Merencanakan ketiga hal saja membutuhkan pemikiran yang mendalam. Anda boleh mencoba jika nir percaya. Yang kentara, wajib serius jangan dibentuk main-main. Kalau dibentuk main-main, ya nir perlu mikir panjang.

Masalah tema saja, anda wajib memperhatikan minat, keterikatan pada produk, keahlian dan ketahanan rutinitas update keterangan. Walau anda minat dalam tema “kecantikan”, belum tentu anda bisa menguasainya. Walapun anda sudah menguasai tema tadi dan anda jua berminat, belum tentu berkaitan dengan produk yang anda jual. Intinya adalah buatlah perencanaan matang-matang.

Masalah tema blog, maka akan berkaitan dengan kategori/label dalam blog. Blog tema kecantikan isi kategori/labelnya apa saja? Nah, dalam hal ini saja perlu diperhatikan. Misal saja berisi perawaran rambut, perawawatan bibir, dan sebagainya.

Lalu saat tema sudah ditentukan, akan berkaitan menggunakan pemilihan istilah kunci. Blog tema kecantikan tidak harus memakai istilah kunci “Tips Kecantikan Wanita”, nir harus. Ini bergantung pada kata kunci apa yg akan tersebar pada banyak artikel blog. Bila ingin membuatkan istilah “wanita manis”, maka pemilihan kata kunci blognya mampu dengan “Tips Wanita Cantik” atau kata lainnya yg masih berkaitan dengan kata kunci utama.

Bagaimana pemilihan nama blog & domain blog? Maka bisa digabungkan. Misal menarget “Tips Wanita Cantik” menggunakan nama domain “tipswanitacantik”. Ini jauh lebih rupawan apabila menarget niche market. Semakin niche, semakin cantik asal mempunyai jumlah pencarian yang lumayan. Atau seperti ini:
  • Nama domain: wanitacantik
  • Nama blog: Wanita Cantik (umumnya judul buat tampilan blog wordpress)
  • Kata kunci blog: Tips Wanita Cantik, Rahasia Wanita Cantik, Atau Wanita Cantuk Alami (umumnya untuk title tag, kepentingan tampilan di mesin pencari)

Pada awalnya memang sulit. Namun itulah bagian berdasarkan proses belajar SEO & juga taktik marketing usaha itu sendiri.

Hal dasar di atas saja, poly pebisnis pemula yg lupa atau tidak mau menerapkannya. Bagi yang tidak senang teknik dasar SEO di atas, umumnya mereka membuat blog dengan nama sendiri misalnya Blog Mas Sugeng, Blog Kang Ujang, dll. Itu terserah. Tetapi informasi SEO pada mesin pencari memang diperlukan.

Belajar Optimasi SEO Onpage Situs Blog

SEO Onpage lebih pada bisnis mengoptimalkan laman blog kita sendiri, baik buat pengunjung atau robot mesin pencari (kode html page). Ketika dalam hal ini belum optimal sesuai standar SEO, maka proses SEO berikutnya yaitu SEO Offpage akan menyulitkan. Untuk itu, anda wajib perhatikan apa saja yg wajib dioptimalkan pada hal ini. Berikut perincian SEO Onpage yang dilansir oleh mentor SEO saya.
  1. Optimasi SEO Onpage Dengan Riset Kata Kunci
  2. Optimasi SEO Onpage Pada Struktur Blog
  3. Optimasi SEO Onpage Pada Isi Blog
  4. Optimasi SEO Onpage Pada Gambar
  5. Optimasi SEO Onpage Dengan Sitemap (Peta Situs)
  6. Optimasi SEO Onpage Pada Link
  7. Optimasi SEO Onpage Untuk RSS Feed
  8. Optimasi SEO Onpage Dengan Kode Google Webmaster Tool
  9. Optimasi SEO Onpage Google Analytic

Bila dijelaskan di sini, tentu akan memakan poly pembahasan. Lebih lengkapnya anda bisa membaca di sini, Sumber

Belajar Optimasi SEO Offpage Situs Blog

Ini pembelajaran SEO yg terakhir yaitu SEO Offpage. Artinya, aktivitas SEO yang dilakukan pada luar pengurusan sebuah blog/website. Anda sudah mengandalkan situs orang lain dalam menjalankan SEO ini. Tujuannya buat memperkenalkan situs anda yang nantinya teroptimasi dengan baik di mesin pencari seperti Google.

Menurut mentor SEO saya, “Tujuan berdasarkan meningkatkan secara optimal Offpage adalah membuat robot mencicipi blog anda berautoritas, dan menciptakan semakin poly orang yang menemukan blog anda.”

Bagaimana menjalankan SEO Offpage?
  1. Lakukan blogwalking menggunakan variasi domain buat menanamkan backlink dofollow dan nofollow
  2. Daftarkan situs anda ke forum-forum yang menaruh layanan tampilan homepage di profil
  3. Bangun pengunjung buat men-share artikel ke beranda Facebook pribadinya atau yg lainnya
  4. Buatlah kalimat perintah “Cantumkan link aktif untuk url artikel ini apabila mengutip sebagian kalimat dari artikel ini ke blog anda” atau jenis kalimat lainnya.

Jika ternyata masih kurang puas menggunakan menjelasan SEO Offpage pada atas, anda mampu mengikuti acara kursus belajar SEO blogging bisnis supaya anda mendapatkan lebih poly tentang optimasi SEO Offpage. Klik disini saja.

***

Seberapa Penting SEO Untuk Situs Bisnis Anda?

Masalah SEO anda sudah memahami pembagiannya, terdapat SEO Onpage dan terdapat SEO ofpage. Tetapi yg terberat adalah melakukan rutinitas SEO. Seiring bepergian hadiah konten (onpage), maka berjalan pula dalam hadiah backlink SEO (offpage). Sejatinya harus berjalan beriringan. Namun sepenting apa SEO buat situs bisnis anda? Bila situs blog sekedar buat nampang, blog tema gado-gado, saya kira tidak terlalu penting menerapkan SEO dengan maksimal .

Tetapi permanen, belajar SEO wajib dipercaya penting bila memang berencana ingin aktif dalam menciptakan poly situs bisnis online. Rata-homogen blogger sukses ternyata tidak mempunyai 1 blog saja. Bahkan ada yang berinvestasi hingga puluhan juta rupiah buat membangun puluhan blog. Nah, apabila mempunyai kemampuan SEO yg handal, maka akan menggunakan mudah mensukseskan poly situs blog.




5. Apa Manfaat Dan Tujuan SEO Untuk Bisnis Online | Kuliah SEO Online

Membangun Bisnis Online & Belajar Digital Marketing untuk Pemula Dari Awal Sampai Mahir Dalam 1Jam

Bayu Adi Persada - Search Engine Optimization (SEO) dan Tantangannya | BukaTalks

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Kursus Belajar Bahasa Indonesia Dan Sastra

Jual Hp Bekas Oppo A37 Cirebon-Astanajapura

Cara Belajar Usaha Online Yang Baik Dan Benar