8 Tips Bisnis Cuci Motor

Semakin poly pengguna bermotor misalnya sepeda motor menimbulkan terdapat banyak sekali peluang-peluang bisnis yg muncul yg mengaitkan dengan motor seperti bengkel motor, cuci motor, & lainnya. Dalam hal ini aku akan membahas tentang bisnis cuci motor.

Sumber Gambar: Motorbikewriter.Com

Apakah Anda membutuhkan liputan bagaimana memanfaatka membuka bisnis cuci motor?

Seperti kita memahami bahwa, homogen-rata bisnis ini dilakukan buat market kelas menengah-ke atas yang tidak punya ketika buat membersihkan kendaraannya misalnya sepeda motor. Untuk itu apabila Anda ingin memulai bisnis cuci motor maka lebih baik membuka bisnis ini dikawasan perkotaan yg lebih sering dilewati kendaraan bermotor.

Dilihat dari kondisi keuangannya, rakyat dengan perekonomian yg berada dalam kelas menengah-kebawah memungkinkan buat lebih senang membersihkan sendiri tunggangan motor miliknya.

Dilihat berdasarkan sikapnya, masyarakat desa lebih memiliki perilaku berdikari, telaten dan senang mengerjakan sendiri. Masyarakat desa terkadang nir selalu disibukkan dengan berbagai macam aktifitas yg membuat terbengkalai membersihkan yg ada di sekelilingnya termasuk sepeda motor.

Jika Anda ingin membuka bisnis cuci motor, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memanfaatkan peluang usaha cuci motor.

1. Tempat Yang Strategis

Sehingga ditinjau berdasarkan syarat dan sikapnya, maka buat berbagi usaha cuci motor lebih baik berada di tempat perkotaan. Biasanya ada kawasan kampus, perkantoran yg bisa buat dijadikan target market.

Tetapi yg lebih dikhususkan lagi merupakan perkotaan yg ramai menggunakan kemudian-lalang kendaraan bermotor agar usaha cuci motor anda menerima pelanggan setiap hari. Lebih khusus lagi bila berdekatan menggunakan hal yg ramai seperti dekat kampus, dekat mall, atau dekat menggunakan kantor pelayanan seperti rumah sakit. Dengan begini maka Anda nir perlu lagi risi dengan market yg terbatas.

Namun, perilaku para pelanggan harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum memutuskan loka untuk usaha cuci motor. Rata-rata mencuci motor waktu memiliki ketika luang. Ia pun akan mengunjungi loka terdekat. Nah, alangkah baiknya menentukan tempat di area perumahan saja yg sekiranya berada pada jalan raya, perkantoran & sebagainya.

2. Penampungan Bisnis Cuci Motor Yang Luas

Bisnis cuci motor membutuhkan tempat yg memang relatif luas. Hal ini buat memperkiraan tampungan pembersihan motor. Biasanya terdapat antrian motor yang akan dicuci bila memang jasanya laris. Namun tidak membutuhkan tempat yg luas pun tidak sebagai masalah apabila belum terdapat kepastian terjadi gugusan pelanggan. Baru sesudah terlihat ramai, terdapat penambahan pembangunan tempat asalkan telah disiapkan lahannya. Sayang sekali, banyak pelanggan namun membuat motor berserakan di pinggir jalan, loka lalu-lalang orang.

Kasus pembersihan motor yang berdekatan menggunakan kemudian lalang orang telah poly terlihat di jalan raya. Tentunya usaha cuci motor kelas mikro. Jika seperti ini, kentara nir perlu anda lirik. Apalagi anda menarget pelanggan menengah-ke atas yg marketnya jauh lebih rupawan buat bisnis cuci motor, tentunya anda wajib lebih serius menciptakan loka pembersihan yg jauh berdasarkan samping jalan.

tiga. Menyediakan Peralatan Cuci Motor Lengkap Dan Perlengkapan Lainnya

Hal penting yan nir kalah penting pada membentuk usaha cuci motor adalah menyediakan alat-alat cuci motornya. Untuk mencuci, memang sederhana pun bisa seperti melakukan penyemprotan ke bagian yang perlu dibersihkan kemudian membiarkan kemarau. Sederhana kan? Tetapi ini merupakan jasa pembersihan motor, sehingga harus lengkap menyediakan alat-alat cuci motornya.

Peralatan cuci motor dan perlengkapan lainnya bisa untuk memuaskan pelanggan lantaran mampu melayani sinkron harapan pelanggan. Hal standar menurut alat-alat cuci motor perlu diketahui terlebih dahulu. Setelah itu, pengembangannya sinkron kebutuhan pelanggan.

Berikut adalah peralatan cuci motor dan perlengkapan lain disertai rincian modalnya yg dilansir menurut Investasiuntung.Com

Peralatan Cuci Motor, Perlengkapan, Dan Modal Awal:

  • Mesin jet cleaner: Rp 500.000
  • Kompresor angin: Rp 1.500.000
  • Mesin salju + selang: Rp 1.500.000
  • Lap microfiber dua butir: Rp 450.000
  • Single post lift motor: Rp 1.000.000
  • Sepatu boot dua butir: Rp 350.000
  • Spanduk: Rp 250.000
  • Brosur: Rp 50.000
  • Kanebo: Rp 50.000
  • Sarung tangan dua butir: Rp 75.000
  • Banner mini 10 pcs: Rp 200.000
  • Sikat, spon, kuas, lap, ember: Rp 150.000
  • Banner Vertikal: Rp 700.000
  • Kopler, Selang angin 10 meter, Air duster: Rp 450.000
  • Kaos seragam: Rp 200.000
  • Stempel: Rp 75.000
  • Nota: Rp 25.000
  • Kartu anggota: Rp 100.000
  • Survey Lapangan: Rp 50.000
  • Biaya lain-lain: Rp 600.000

Total biaya kapital bisnis Rp 8.275.000

Peralatan Cuci Motor, Perlengkapan, Dan Modal Bulanan:

  • Isi ulang salju: Rp 400.000
  • Clear snow shampo: Rp 700.00
  • Obat poles bodi: Rp 50.000
  • Semir poles ban: Rp 400.000
  • Sabun colek: Rp 60.000
  • Air: Rp 400.000
  • Listrik: Rp 400.000
  • Bensin: Rp. 75.000
  • Gaji Pegawai 2 orang: Rp 1800.000
  • Biaya lain-lain: Rp 200.000

Total modal kerja Rp 4.485.000

Harga di atas mungkin saja telah berubah mengingat di tulis dalam tahun 2016.

4. Berikan Pelayanan Perawatan Motor

Mengapa butuh pelayanan perawatan motor atau biasa diklaim bengkel motor? Lantaran pelanggan cuci motor memiliki kebutuhan jua pada hal perlengkapan motor. Jadi, anda mampu menggabungkan pelayanan perawatan motor. Pegawai yg anda kerjakan adalah pegawai yang mengerti cara mengutak-atik motor, sekaligus bertugas mencuci motor.

Hanya saja, bengkel yg di maksud tidak misalnya bengkel dalam umumnya yg ada penambalan ban, pengelasan & lainnya. Tetapi terdapat pelayanan misalnya itu pun, nir kasus. Namun baiknya lebih kepada merawat motor supaya tampil lebih baik seperti mengecat motor yang tergores tembok atau jatuh, mewarnai lebih brilian, mendesain & lainnya. Hal ini karena pencucian motor lebih kepada upaya menampilkan kebersihan. Kalau ada bengkel penambalan ban atau pengelasan, terkesan memberitahuakn kekotoran loka.

Dengan penggabungan seperti ini pada usaha cuci motor anda, diharapkan pencucian motor nir sepi. Ada beberapa kasus, mungkin banyak, bahwa tempat pembersihan motor selalu saja sepi. Tidak seperti pembersihan kendaraan beroda empat. Mengapa sepi? Untuk apa motor dicuci? Lagi juga, gampang jua pencucianya. Jadi lebih banyak orang yang memang mencuci motor sendiri daripada dicucikan.

5. Berikan Pelayanan Yang Bagus

Dimana-mana, usaha apapun, selalu menekankan menaruh pelayanan yang indah buat pelanggan bila memang usaha yg dijalankan ingin terus berkembang dan permanen maju selama bertahun-tahun. Untuk itu Anda jangan melupakan pelayanan dalam usaha cuci motor anda.

Anda perlu menyediakan loka pembuangan air bekas cuci yg indah supaya residu-residu air nir mengganggu penglihatan.

Keterampilan pembersihan dan perilaku hati-hati wajib dikuasai agar membuat pelayanan yang mampu memuaskan para pengguna jasa cuci Anda.

Pelayanan pembersihan pun mampu ditambah menggunakan menggunakan cairan pengkilap motor bila memang pelanggan memintanya atau memang sebuah insentif dari usaha Anda. Tentu Anda harus membeli cairan pengkilap yg sanggup dianggap kualitasnya.

Memberikan loka duduk yang relatif bagi pelanggan yg ingin menunggu sangat krusial diperhatikan.

Tidak kalah penting adalah fasilitas penjagaan terhadap antrian motor yang terparkir agar pelanggan merasa nyaman dan kondusif bila meninggalkan motornya buat dicuci pada loka cuci motor Anda.

6. Patok Harga Murah

Mematok harga murah memang penting buat usaha cuci motor anda. Mengapa? Sudah dijelaskan bahwa orang yg mencucikan motor sanggup dibilang jarang tiap harinya. Hal ini lantaran bukan kebutuhan pokok. Maka memaotok harga murah adalah solusi terbaik. Lagi pula, yg butuhkan merupakan beberapa perlengkapan yg nir membutuhkan biaya poly.

Hanya saja perlu diperhatikan sumber air yang anda ambil. Darimanakah air yg dipakai? Tidak mungkin dari air pembelian, bukan? Namun jika terpaksa harus beli, maka tarif pembersihan pun akan lebih mahal. Tetapi terpenting adalah mengikuti harga pasar.

7. Marketingkan Lewat Media Online

Kalau usaha jasa cuci motor sudah memasuki tahap yang tidak mengecewakan sedang dalam operasional pencucian motor dan profesional, anda perlu memarketingkan secara online. Hal ini untuk mengjangkau market yang lebih luas. Memang, setiap genk atau desa memiliki tempat pencucian motor masing-masing yg berada pada sepanjang jalan. Namun, memarketingkan lewat online sekedar menginfokan bahwa di suatu tempat tertentu ada bengkel pembersihan motor. Sekali nir membuang porto, anda tidak perlu khawatir mencoba.

Bagaimana memarketingkan bisnis jasa cuci motor dengan tidak mengeluarkan porto tetapi tetep efektif dalam menjaring pelanggan baru?

a. Marketingkan Lewat Media Sosial

Tidak ada yg galat bukan memarketingkan bisnis cuci motor di media sosial? Hanya saja pembahasannya berbeda. Ketika mengiklankan, memarketingkan jasa atau produk pada media sosial, nir harus menggunakan teknik yg sama. Setiap produk dan jasa mempunyai karakteristik khas & perbedaan sebagai akibatnya cara memarketingkan pun mampu tidak sama.

Lalu bagaimana memarketingkan usaha cuci motor di media sosial? Tentunya, cara yang efektif adalah mengupload aktivitas usahanya. Paling sempurna merupakan menggunakan media Instagram mengingat jauh lebih unggul dalam menampilkan foto. Ketika berisi foto-foto aktifitas penucian motor, tentu hasil yang ditampilkan terlihat rupawan. Tentunya, memakai kamera yg bagus.

Hanya saja, kelemahan Instagram adalah tidak bisa menarget pertemanan antar desa, kecamatan menggunakan mudah. Kecuali memang anda menanyakan eksklusif media sosialnya. Tetapi ribet apabila mau menarget puluhan orang. Yang bisa melakukan pencarian sahabat tertarget hal itu adalah Facebook.

Tetapi anda mampu memanfaakan kolom pencarian Instagram dari nama tempat yg dianggap terkenal seperti RS Sunan Gunung Jati. Nanti ada formasi post-post orang yang berada di area tadi. Anda sanggup memilah lagi.

Apa yang di maksud sahabat tertarget? Nah, ini yg perlu diperhatikan. Bisnis cuci motor yg terpenting merupakan membangun pelanggan. Pelanggan yang sanggup diandalkan adalah orang terdekat yg terdapat pada area loka pembersihan motor. Intinya satu desa/keluarahan. Mengapa? Lantaran yang membutuhkan adalah orang yg punya tunggangan motor. Cuma itu. Sedangkan pada area sekitar banyak kendaraan motor. Masak memilih orang jauh?

Jadi, fokus pertemanan anda merupakan menggunakan orang-orang yang tinggal pada area tersebut.

b. Memarketingkan Lewat My Busines Google

Konon, pendaftaran di My Business Google tidak dipungut biaya . Ketika melakukan pendaftaran , anda akan menerima sebuah PIN atau sejenisnya guna mem-verifikasi bisnis cuci motor anda. Hanya saja, buat menerima PIN, usaha cuci motor anda wajib telah diurus dengan berfokus: memiliki gedung, mempunyai beberapa karyawan, mempunyai beberapa alat-alat pembersi motor, kejelasan alamat. Kalau tidak misalnya ini, usaha cuci motor anda tidak akan terdaftar di pada My Business Google.

8.  Memberikan Layanan Wifi Gratis

Bisnis cuci motor pada dasarnya adalah usaha jasa yang melakukan pencucian motor. Pencucian motor membuhkan waktu sebagai akibatnya para pelanggan mampu menunggu pada ruang tunggu. Per motor saja bisa menghabiskan waktu banyak. Apalagi pada loka cuci motor, poly sekali para pelanggan yang meminta jasa cuci motor. Biasanya, mereka akan pergi meninggalkan motornya hingga motor itu terselesaikan dicuci. Masalahnya, mereka sendiri hanya membawa 1 motor di waktu tempat cuci motor berjarak jauh dengan rumahnya. Nah, karenna jasa cuci motor mampu membuat mengantri lama , anda sanggup manfaatkannya menggunakan memberikan lalayan wifi gratis.

Kenapa memberikan wifi perdeo? Karena harga jasa bisnis cuci motor sudah termasuk bagian buat kepentingan wifi. Lagi pula, seberapa lama sih mereka memanfaatkan wifi? Jadi, anda mampu menaruh wifi secara cuma-cuma lantaran mereka pun nir akan berlama-usang pada tempat cuci motor.

Tetapi sebelum memberikan layanan wifi gratis pada bisnis cuci motor anda, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal yg perlu anda perhatikan.

a. Melihat Seberapa Banyak Pelanggan

Hal ini buat menentukan porto per bulan buat sewa wifi supaya bisnis jasa cuci motor anda nir merugi. Apakah terdapat minimal 20 pelanggan jasa cuci motor setiap harinya? Jika terdapat, anda mampu menggunakan wifi untuk kebutuhan pelanggan dalam mengantri cucian motor. Anda sanggup menyewa wifi seharga 500.000/bulan. Pastikan menyewa wifi dengan paket yang bisa untuk banyak pengguna.

b. Tempat Duduk Memang Luas Dan Nyaman

Ada layanan wifi gratis dalam bisnis jas cuci motor anda, anda pun harus menyediakan loka duduk. Di samping buat mengantri dalam pembersihan motor, loka duduk bermanfaat buat pelanggan yg sedang menikmati wifi. Anda harus menyediakan loka duku yang nyaman buat pelanggan yg sedang seperti ini. Jangan terdapat tempat duduk yg kotor & terlihat menjijikkan.

Sumber gambar: bukalapak.Com


Tempat duduk yang disediakan wajib luas bila buat kebutuhan layanan wifi gratis. Pelanggan anda pasti menanti sambil menikmati layanan wifi. Kalau loka duduk tidak mampu menampung pelanggan, pelayanan wifi nir ada gunanya.

***

Dengan 7 tips pada atas semoga mampu membuahkan peluang usaha cuci motor Anda berkembang dengan baik.




Cara mencuci motor-[Analisa Usaha Pencucian, tips dan trik Hasilkan 9 Jt/Bulan, how to wash

KREATIF KARANG TARUNA BRATANG BUAT BISNIS CUCI MOTOR

Buih untung usaha cuci mobil

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Kursus Belajar Bahasa Indonesia Dan Sastra

Jual Hp Bekas Oppo A37 Cirebon-Astanajapura

Cara Belajar Usaha Online Yang Baik Dan Benar