Blog Bisnis Buku


Blog Bisnis Buku

Blog Bisnis Buku - pembahasan blog usaha ini untuk penulis yang mau menjual bukunya lewat online alias usaha online kitab . Lantaran merasa prihatin dengan penulis-penulis korban self publishing, yang wajib banting tulang dan otak hanya buat menjual 1 kitab . Bisnis buku secara "self" lewat produk bisnis miliknya sendiri, menciptakan penulis harus berkorban poly walau buat menjual 1 (satu) buku.

Saya pernah mendapat iklan penjualan kitab milik penulis itu sendiri lewat media Facebook. Lalu saya tawarkan, "Mas, bila mau jual buku, lebih baik buat blog saja. Kalau mas mau, saya bisa buatkan". Walau tawaran aku nir mendapat respon. Saya mikir, memang seberapa efektif cara marketing buku alias cara jualan kitab seperti itu? Bukankah buku merupakan barang "Mengerikan" oleh sebagian orang? Bila kitab adalah barang "Mengerikan", cara jualan seperti ini akan lebih mengerikan lagi. Brrr... Kabur

Bukankah blog bisnis merupakan wahana terbaik untuk penjualan kitab milik penulis itu sendiri? Karena, kualitas tulisan buku penulis sanggup terbaca sang tulisan blog usaha yang ditampilkan. Bagaimana bisa dianggap kualitas goresan pena kitab apabila belum tahu karya-karya goresan pena milik penulis? So, krusial mempunyai blog.

Berikut merupakan langkah marketing buat pengenalan pemikiran & penjualan buku penulis lewat blog supaya buku terjual laris-anggun:

A. Terlebih Dahulu Harus Menilai Tulisan Buku Lewat Tulisan Blog

Rata-rata penulis yang masuk pada wadah "Self Publishing" adalah penulis yg coba-coba menerbitkan kitab ; penulis yg hanya mengharapkan naskah tulisannya dibuatkan buku; dan penulis yang hanya ingin menerbitkan dan menjual buku namun lupa pengenalan pemikiran dirinya di muka umum. Rata-homogen penulis yg dimaksud adalah penulis "Fiksi", yang seolah tidak perlu pembuktian pemikiran. Apapun jenis kitab si penulis, tetap wajib mengadakan sosialisasi pemikiran dengan pembaca.

Tentu, penulis wajib menciptakan blog usaha buat kepentingan sosialisasi pemikiran, gaya tulisan dan tingkat interaksi dengan pembaca. Buatlah blog buat kepentingan usaha buku menggunakan dasar-dasar membuat blog agar membentuk kunjungan yang poly.

Baca: Blog Bisnis - Sudah Ratusan Artikel, Kok Gak Dapat Uang?

Bila kunjungan sudah banyak, seberapa banyak pembaca yg mengapresiasi positif tulisan pada blog bisnis anda? Nah, ini sebagai sebuah evaluasi awal tentang laku atau tidaknya buku penulis yg sedang dijual pada blog usaha.

B. Jangan Biarkan Pembeli Merasa Tercekik

Ini salah satu yg seringkali dilupakan para penulis dalam menjual bukunya. Dikira kalau sudah menjual secara online, sudah kenal tentang kualitas penulis, akan sangat mudah terjual. Belum tentu. Karena menjual kitab fisik berkaitan dengan porto pengiriman barang. Siapa yang bayar pengiriman barang? Tentu pembeli yang membayar hal ini. Bila begitu, berapa porto pengirimannya? Semakin tebal atau semakin poly kitab yang dibeli, semakin mahal biaya ongkos kirimnya. Nah, ini sangat mencekik pembeli.

Pembeli jangan hingga berpikir, "Ah, buku misalnya itu sih, di Gramedia juga poly. Ngapain beli pada online? Ongkirnya bikin nguras isi kantong."

Untuk memecahkan kasus ini, tentu terdapat. Kebetulan saya telah pernah membeli produk pembelajaran Bahasa Inggris berupa audio. Tentu dikirim lewat pos. Dalam audio, banyak sekali file-arsip digital. Tentu, teknik yang digunakan merupakan "Burning". Kasus ini memberi inspirasi buat membantu penjualan kitab fisik. Maka solusi penjualan kitab fisik adalah memberikan insentif buku-kitab yg lain yg berbentuk digital.

Hal ini tentu membuat pembeli akan berpikir, "Wah, harga 70.000 namun dapet bonus tidak mengecewakan banyak. Cukup untuk mengubah biaya ongkir yang terbuang"

C. Jangan Biarkan Pembeli Buku Tidak Berlangganan pada Blog Bisnis Penulis

Jangan abaikan pengunjung dan pengunjung yg sudah menjadi buyer nir berlangganan lagi di blog bisnis penulis. Ini tentu akan mengurangi jumlah pembelian kitab bila memang penulis menelurkan karya buku lagi.

Saran aku , bila blog bisnis telah memiliki banyak pelanggan setia, maka terus lakukan update goresan pena. Minimal sebulan sekali memberikan update liputan. Jangan sekedar update, tetapi menaruh keterangan update kepada penulis. Untuk itu, penting memiliki layanan "email newsletter", Facebook, Twitter, dll.

***

Pembahasan tips ringan di atas, menjadi citra akbar langkah atau planning memulai menciptakan blog usaha buat penjualan buku berupa kitab fisik. Anda mau membuat blog buat kepentingan usaha buku milik karya anda sendiri?




tutorial blog bisnis 1 [STUDY KASUS JUALAN BUKU CODING ]

Blog Bisnis Terbaik di Indonesia

Buku Blogging yang Populer, Wajib di miliki Seorang Blogger

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Kursus Belajar Bahasa Indonesia Dan Sastra

Jual Hp Bekas Oppo A37 Cirebon-Astanajapura

Cara Belajar Usaha Online Yang Baik Dan Benar