Tips Kursus Membuat Blog Bisnis Online

Banyak orang yang mencari “cara menciptakan blog”. Sekitar ratusan ribu per bulan orang mencari menggunakan kata kunci tadi. Di samping itu, banyak juga blog yg membahas tutorial menciptakan blog. Ibarat istilah, jeruk makan jeruk. Membangun blog namun membahas blog. Ya, nir kasus memang. Tetapi yg menjadi kasus merupakan, apakah poly yg membangun kursus online tutorial blogging plus kepentingan bisnsinya?

cara membuat blog

Tutorial blogging telah menjadi santapan perdeo, hingga pemiliknya merasa bosen membahas karena teknologi internet selalu berubah-ubah. Sudah capek-capek menciptakan blog, malah selalu berubah. Otomatis tulisan yang terdahulu telah nir sanggup terpakai lagi. Belum lagi merasa kesulitan mencari hal-hal yg harus dirubah. Mengetahui fakta yang ditulis telah basi atau belum masih kesulitan. Kecuali terdapat orang yang bertanya mengenai hal yang terbaru.

Ketika perseteruan mengenai tutorial cara menciptakan blog yang selalu berubah-ubah, maka peluang membuka kursus online semakin terlihat mengagumkan. Walau poly blog membahas pembuatan blog secara perdeo, kursus online berbayar masih sanggup bersaing dan mengalahkan menggunakan yg gratisan.

Kenapa kursus membuat blog krusial didirikan? Setelah saya mengotak-atik pembuatan blog, yg menjadi sulit adalah tidak terdapat ruang berkonsultasi dan juga beredar fakta blogging yg berbeda-beda bahkan cenderung berbahaya waktu galat merogoh fakta. Memang, fakta yg diambil itu berdasarkan ahli blogging, tetapi informasinya masih sepotong-pangkas. Ketika aku melihat informasinya, justru berpotensi membahayakan blog. Informasi sepotong-potong lainnya adalah lantaran pembahasan telah tidak bisa digunakan tetapi belum terdapat update fakta, mungkin malas mengulang pembahasan.

Banyak para ahli blogging telah nir lagi menaruh keterangan modern. Tidak sporadis juga, blog telah tidak online lagi alias mangkat . Mereka misalnya salah langkah membuat blog. Tujuan mereka membuat blog hanya buat kepentingan pengunjung tanpa memikirkan dalam sisi finansial. Ketika seringkali terjadi perubahan-perubahan teknologi warta, justru akhirnya mereka malas memberikan buat pengunjung.

Untuk itu, bagi Anda yang sudah merasa menjadi ahli blogging, terutama blogging bisnis menggunakan memakai teknik SEO marketing, lebih baik membentuk kursus karena jauh lebih menguntungkan dalam sisi finansial. Ketika terdapat update terbaru pada global blogging, justru Anda permanen bersemangat memberi fakta yg sudah dibahas lantaran merasa Anda sudah dibayar anggota lewat kursus tutorial membuat blog.

Lah, jikalau kursus, nanti poly waktu yang terbuang hanya buat meladeni anggota kursus? Oh tidak. Untuk itu, silahkan membaca lebih lanjut tips menciptakan kursus tutorial cara menciptakan blog pada bawah ini.

Baca: Jasa Pembuatan Blog + Bonus Artikel dan Konsultasi

Buat Materi Kursus Online Pembelajaran Pembuatan Blog

Banyak sekali yang menerka, waktu materi berupa “cara belajar membuat blog”, hanya berisi hal-hal teknis misalnya menciptakan email, mengedit template dan sebagainya. Bahkan, asumsi mereka memang betul karena aku seringkali melihat kitab atau ebook panduan blog hanya berisi hal-hal teknis saja. Padahal, menciptakan blog lebih berdasarkan sekedar hal teknis. Sekarang ini, hal teknis nir perlu dipelajari serius, telah ada jasa yg menangani. Misal tentang template blog, maka mampu diserahkan oleh pihak yg menjual atau melayani template blog.

Tahun 2010 adalah awal saya mengotak-atik masalah blogging. Saya serius menilik hal-hal teknis misalnya mengedit desain template & mengurus hal-hal lainya. Apa yang saya bisa? Blog tidak berkembang mengagumkan. Kenapa begitu? Karena materi pembuatan blog yang poly tersebar hanya membahas perkara teknis saja. Kalau pun membahas masalah memarketingkan blog, nir aporisma dibahas. Wajar nir aporisma, karena materi yg diberikan gratisan.

Untuk itu, saat Anda mau membuka kursus menciptakan blog, setidaknya sine qua non materi menjadi berikut:

  • Materi blogging + menulis
  • Materi blogging usaha
  • Materi SEO marketing blog

Ketiga materi di atas sangat penting dihadirkan. Ketiga-tiganya tidak mampu dipisahkan. Kecuali materi kursus Anda hanya sekedar hal teknis-teknis saja yg banyak beredar di internet, itu terserah. Namun bila ingin tidak sama dari materi yg gratisan, ketiganya harus dipadukan. Biasanya, ketiga materi di atas memang sudah dialami sendiri oleh mentor kursus. Ketika mentor kursus hanya mengajari hal teknis menciptakan blog, berarti terdapat sesuatu yg disembunyikan.

Apakah materi yang diberikan harus singkat dan menyerahkan pembahasan pada ruang kursus? Oh nir! Anda permanen menciptakan materi kursus yg komplit. Bisa jadi menggunakan menaruh materi yg komplit, anggota kursus tidak lagi bertanya-tanya atau setidaknya jarang bertanya.

Saya pernah mengikuti kursus marketing blog yaitu membahas SEO. Tetapi menjadi pengembangan materi, dilakukan lewat tanya-jawab. Karena jam kursusnya terbatas, akhirnya pertanyaan yang mampu aku ajukan cuma sedikit. Sebagai solusi, saya menciptakan beberapa pertanyaan sekaligus walau nir setiap hari. Saya misalnya itu karena memahami apa-apa yg wajib aku tanyakan seputar SEO. Bagaimana bila anggota kursus sama sekali belum paham SEO?

Baca: Jasa Backlink SEO Murah dan Ramah

Bagaimana bila tidak harus menciptakan materi kursus? Boleh-boleh saja, terpenting Anda punya daftar isi sebagai langkah-langkah pembelajaran & tujuan kursus. Ketika kursus, Anda wajib yang memulai menyampaikan suatu masalah. Misal prosesnya seperti ini:

  • “Apakah Anda telah bisa menciptakan blog?” Lalu Anda membuat bimbingan buat mereka dalam menciptakan blog. Ketika terdapat pertanyaan berdasarkan anggota, tinggal jawab saja.
  • “Sudah sanggup menulis artikel?” Sama prosesnya misalnya di atas.
  • Dan seterusnya.

Menyediakan Media Kursus Online Yang Tepat

Apakah media kelompok Facebook menjadi solusi media kursus yang sempurna? Ketika saya mengikuti kursus SEO, media kursus menggunakan gerombolan Facebook. Resikonya apa? Orang lain tahu tentang masalah kita & aktivitas SEO buat blog yg seharusnya sebagai misteri malah terbuka. Untuk perkara media, kelompok Facebook belum dikatakan sempurna.

Apakah memakai website membership khusus? Bisa, tetapi untuk apa jika masih ada cara yang lain? Dengan menggunakan website membership, merupakan Anda harus mengeluarkan modal buat membeli websitnya. Padahal, bisa disamakan dengan media lain yg masih perdeo.

Terus memakai media apa? Sampai ketika ini, media email masih sangat efektif buat kursus. Tetapi ada pengecualian. Anda harus menciptakan email khusus buat melayani anggota kursus, nir buat yang lain. Begitu jua anggota kursus yg mengharuskan membuat email baru spesifik buat kursus. Bila terdapat email spesifik, tidak ada istilah kerepotan mencari data-data yg telah ada lantaran nir terdapat kiriman menurut yg lain.

Harus Memiliki Tujuan Finansial Dari Kursus Online

Tujuan dari kursus tutorial membuat blog umumnya menurut pengalaman si mentor. Bila si mentor berpengalaman berhasil meraih puluhan ribu uang dollar berdasarkan Google Adsense, pengalaman itu yang akan di-share menjadi tujuan berdasarkan pembelajaran membuat blog. Tentu, tujuan yg ada buat menjadi tujuan finansial. Tujuan finansial mempunyai imbas buat menggabungkan seluruh pembelajaran. Tanpa tujuan finansial, kursus akan bersifat hambar.

Catatan pada men-share pengalaman Anda sebagai tujuan kursus, tentu nir wajib , bahkan jangan membeberkan situs blog yang telah terbukti sukses. Cukup memberkan kiat-kiat bagaimana membangun blog yang sukses sampai membuat uang dollar berdasarkan pengalaman Anda dalam kegiatan mengurus blog.

Jangan Memberikan Batas Waktu Pada Kursus Online

Kesalahan pengelola kursus online merupakan menaruh jatah ketika kursus. Memang, dalam global ofline terdapat restriksi ketika kursus. Namun setidaknya jangan menyamakan kursus online dengan ofline. Tujuan kursus online adalah supaya bebas ketika bukan malah terkekang ketika. Cara yang terbaik menciptakan restriksi waktu kursus merupakan diserahkan masing-masing anggota. Kalau anggota kursus sudah sukses menciptakan blog, buat apa poly tanya ke mentor? Lagi jua, dengan adanya pembatasan waktu, anggota tidak mampu dikontrol hingga mencapai tujuan berdasarkan kursus.

Ketika saya kursus SEO, terdapat pembatasan saat pada 1 bulan. Pembelajaran pun hanya dibuka malam hari. Bagaimana mampu melakukan kursus secara aporisma hanya dalam saat 30 hari waktu pembelajaran dibuka hanya di malam hari? Ketika aku melihat anggota lain, ternyata hanya sedikit yg penasaran. Hanya aku dan sedikit anggota lain yang memborong menggunakan berbagai pertanyaan.

Memberikan Pelayanan Update Informasi

Anda sanggup menciptakan pelayanan update warta modern. Cukup memakai email autoresponer atau feedbunner buat kepentingan update kabar. Ketika memberikan keterangan terkini, anda nir perlu susah-payah memberi memahami satu per satu ke anggota kursus.

Pelayanan ini jangan hingga dilupakan lantaran perkembangan teknologi internet selalu berubah.

***

Apakah Anda sudah jago mengenai cara menciptakan blog yang berhasil? Bila sudah, nir salahnya buat membuka kursus blog usaha online. Seperti yg sudah saya katakan, orang yang membutuhkan pembelajaran seputar blog memang banyak. Ketika kursus Anda menjual, tentu akan banyak yg minat. Tinggal Anda harus sanggup mengatur saat dan kesiapan menghadapi anggota kursus yg poly.




Cara Membuat Blog Untuk Promosi Bisnis Online Jangka Panjang

Cara Membuat Blog Untuk Bisnis Online

Cara Membuat Toko Online Dengan Blogspot

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Kursus Belajar Bahasa Indonesia Dan Sastra

Jual Hp Bekas Oppo A37 Cirebon-Astanajapura

Cara Belajar Usaha Online Yang Baik Dan Benar